Sunday, January 6, 2013

Petunjuk mudah mempelajari HANZI

Sekilas tentang sejarah perkembangan huruf dan bahasa cina.

1.1 Tata cara penciptaan huruf cina


Huruf cina sudah ada sejah 3.500 tahun yang lalu pada zaman dinasti Shang, Dimana pada saat itu sudah terdapat artikel-artikel tertulis yang diukir pada tempurung kura-kura dan tulang-tulang binatang.

Tata cara penciptaan huruf cina digolongkan menjadi enam kategori:

1. Phiktogram                    [ 象形字]
2. Ideogram                       [ 指事字]
3. Asosiatif Ideogram        [ 会意字]
4. Phiktophonetik              [ 意音字]
5. Pergantian keterangan   [ 转注字]
6. Peminjaman Bunyi        [ 假借字]

1.1.1.Phiktogram/Imajinasi Bentuk

Mulanya, huruf cina diciptakan dengan meniru bentuk dari benda sebenarnya, bentuk huruf tersebut terdiri dari garis-garis sederhana yang mirip dengan rupa dan bentuk benda, huruf dari jenis ini disebut Huruf  Imajinasi Bentuk, huruf gambar, phiktogram atau logogram. huruf-huruf gambar bisa menggambarkan fenomena dari alam, orang dan gerak-geriknya. tumbuh-tumbuhan dan hewan, peralatan dan penggunaannya.

Beberapa contoh huruf Imajinasi Bentuk:


http://www.meidatuan.com/upload/201109/xSECbkiEnLoVRqO_o.jpg
Huruf paling kanan adalah huruf akhir dari penyempurnaan yang umum dipakai sekarang. Penyempurnaan dilakukan dengan memproporsikan ukuran dari gambar sehingga pas dalam ukuran segi empat menyegiempatkan bulatan, meluruskan beberapa garis yang berbelok-belok menghilangkan bagian gambar yang dianggap berlebihan, maka bentuk beberapa gambar terjadi sedikit perubahan dan akan lebih mudah untuk dituliskan dan lebih enak dipandang.

Proses akhir dari penyempurnaan ini akan menghasilkan huruf yang lebih abstrak dari gambar aslinya. Tetapi bentuk gambar asli masih terkandung didalamnya, gambaran akan muncul dari huruf dengan menggunakan sedikit imajinasi.

1.1.2 Ideogram/ Imajinasi Hal

Di dalam Imajinasi hal, huruf yang diciptakan lebih dari sekedar Imajinasi Bentuk, karena selain menyangkut bentuk juga menunjuk hal yang dikerjakan, huruf bentuk ini disebut juga Ideogram atau simbol indikatif. Di dalam penciptaan ini, huruf terbentuk dengan ide yang abstrak. Sebagai hasilnya ruang lingkup dari tulian Cina semakin meluas.

Huruf Ideogram dapat diciptakan dengan banyak cara dengan menggambarkan simbol yang berarti, dengan menambahkan tanda ke huruf phiktogram, dari sifat-sifat benda, peralatan dan aktivitas, gerak-gerik dari suatu tindakan, efek dari akibat dan lainnya.

Contoh dari ide abstrak penambahan tanda ke huruf imajinasi bentuk:
yang pertama terinspirasi dari bentuk akar pohon mengandung makna akar, pokok, dasar atau mula,
 http://img20.ph.126.net/LEIomKdbFhiFIs4qX4Ygew==/3163778738230034760.jpg
yang kedua terinspirasi dari bentuk ujung pohon mengandung makna akhir atau ujung, meluas bukan hanya ujung pohon tapi akhir dari setiap hal yang timbul.
 http://www.zhibeidy.com/uploadfile/2012/0226/20120226103401526.jpg

Yang ketiga terinspirasi dari daun muda yang akan terus tumbuh pada masa yang akan datang mengandung makna sebelum, atau sesuatu hal yang terjadi pada masa-masa berikutnya.
http://img.ph.126.net/pWON9Qay-y3SPU6cfuUPlw==/3071173470906746476.jpg

1.1.3. Asosiatif Ideogram/ Imajinasi Makna

Sistem penciptaan ini menggabungkan dua atau lebih piktogram atau ideogram menjadi huruf baru dengan arti baru. Cara pemberian arti untuk huruf baru ini adalah berdasarkan analisa logika arti unsur yang digabungkan.

Contoh:
gambar pertama menunjukkan seseorang yang sedang duduk istirahat dibawah sebuah pohon bermakna istirahat dan berhenti.
 http://www.myechinese.com/data/uploads/attached/20101112100345_62510.jpg
gambar kedua adalah gabungan dari dua phiktogram matahari dan bulan, karena jaman dahulu manusia belum mengenal cahaya lampu dan beranggapan matahari dan bulan adalah benda yang paling terang sehingga bermakna terang, sinar, atau jelas.
 http://pic.wenwen.soso.com/p/20091109/20091109131829-1774279229.jpg
Dalam Imajinasi makna, bunyi dari huruf bentuk gabungan yang baru terbentuk tidak ada hubungannya dengan bunyi dari unsur-unsur pembentuk huruf bentuk gabungan tersebut.

1.1.4. Phiktophonetik/ Imajinasi bunyi

Sipilisasi berkembang pesat, kemasyarakatan berubah dengan cepat segala sesuatu menjadi agak rumit, sehingga huruf gambar dan simbol indikatif tidak cukup lagi untuk memenuhi pemakaian dalam mengekspresikan makna abstrak yang mendalam. karena adanya permintaan maka muncullah suatu sistem penciptaan huruf yang baru yaitu Imajinasi bunyi.

Metode dari penciptaan huruf imajinasi bunyi ini sangat sederhana dan juga merupakan suatu karya yang jenius, dimana dengan sistem ini, huruf cina yang sudah ada dari Imajinasi bentuk dan Imajinasi hal dapat diterapkan (digabungkan) untuk menghasilkan huruf-huruf baru dengan jumlah yang tidak terbatas.

karena itu, penciptaan tulisan cina dengan metode ini berkembang dengan pesat melampaui Imajinasi bentuk dan Imajinas hal dan jenis huruf inilah yang mendominasi di dalam tulisan cina.

Tulisan dengan sistem penciptaan ini boleh disebut sebagai tulisan fonetik, karena huruf "baru" terbentuk dengan menggabungkan huruf sebagai penentu maksud dengan huruf sebagai penentu bunyi dan dibacakan sesuai dengan bunyi huruf penentu bunyi.

Contoh di bawah ini akan menjelaskan bagaimana kesederhanaan dan kepraktsan dari cara ini bekerja:

Penentu Maksud                  Penentu bunyi                     gabungan


水                             +             青                           =            清
air                                            muda, hijau                          jernih, jelas
(shui)                                       (qing)                                   (qing)

日                             +             青                           =            晴
matahari                                  muda, hijau                          cerah
(ri)                                           (ging)                                    (qing)

Contoh di atas adalah sederetan huruf imajinasi bunyi dengan yang hampir sama, tetapi bentuknya mudah dibedakan dan dapat dituliskan dengan tanpa kekeliruan antara satu dengan yang lainnya.

kita ambil cotoh huruf Imajinasi bunyi yang lain yaitu huruf  木 (mu)/kayu yang umumnya berfungsi sebagai unsur penentu maksud dari senyawa (gabungan) huruf yang jumlahnya sekitar 1.585 huruf yang tercatat dalam kamus besar Cina.

Penentu Maksud                  Penentu bunyi                     gabungan


木                            +             反                              =         板
kayu                                       berbalik                                papan
(mu)                                       (fan)                                      (ban)

木                            +             公                              =        松
kayu                                       umum, tua                           pinus
(mu)                                       (gong)                                  (song)

Contoh di atas hanya sebagian kecil saja, dan masih banyak lagi yang bisa ditambahkan ke daftar, selain itu 木 (kayu) juga bisa berfungsi sebagai unsur penentu bunyi seperti pada huruf  沐 (mu)/ mandi.

Evolusi dari tulisan Cina sampai pada tahap ini boleh dikatakan sudah cukup lengkap dengan meliputi hampir seluruh tulisan cina yang ada, terkecuali untuk lima persen yang masih di luar jangkauan.

Dari sistem Imajinasi bunyi ini, secara nyata bahwa semua Phiktogram dan Ideogram dapat dipakai sebagai unsur penentu bunyi, sedangkan sebagian kecil darinya berfungsi sebagai unsur penentu maksud, kita sebut simbol penentu maksud ini Radikal. Karena radikal relatif sedikit jumlahnya jika dibandingkan dengan simbol penentu bunyi dan simbol lainnya, maka radikal diterapkan sebagai unsur penuntun dalam penyusunan huruf-huruf Cina di dalam kamus.

Kamus besar pertama 说文解字 (shuo wen jie zi ) yang seleai di susun oleh 许慎 (xu shen) pada tahun 121 M, mempunyai 540 radikal, dan sampai munculnya kamus kerajaan 康熙 (kang xi) pada zaman dinasti Qing (1644-1911 M) yang mengurangi jumlah radikal menjadi 214 dan jumlah ini tetap bertahan sampai sekarang.

1.1.5. Pergantian keterangan

Jenis huruf ini menempati bagian yang sangat kecil yang kehadirannya sering diperdebatkan. Selain mempunyai radikal yang sama, huruf pergantian keterangan ini juga mempunyai kesamaan arti dapat saling tukar menukar antara satu dengan yang lainnya. Ini merupakan suatu cara penggunaan, bukan metode dari struktur.
Jenis huruf ini juga mempunyai unsur penentu maksud dan unsur penentu bunyi dan dapat diklasifikasikan sebagai huruf imajinasi bunyi.

contoh:
老     〈————〉    考
tua                            menguji
(lao)                          (kao)


1.1.6. Peminjaman bunyi

Huruf ini adalah sejenis huruf fonetik yang terbentuk dengn meminjam huruf beserta bunyi dari huruf yang telah ada dan memberikan arti yang baru. Jenis huruf ini juga bukan suatu klasifikai struktur, melainkan suatu cara lain dalam penggunaan ilmu bunyi.

Contoh pada huruf 来 (lai)/datang yang sebelumnya tidak terdapat huruf yang bearti "datang" melainkan suatu huruf Phiktogram /gandum. jadi dengan hanya meminjam bunyi beserta hurufnya saja, suatu arti baru muncul dari penciptaan.

 http://www.jguo.cn/data/attachment/portal/201207/12/163431s12thhzuqydyz1mq.jpg

begitu juga dengan huruf  其 phiktograf dari "sekop bambu" dipinjamkan untuk mewakili arti "dia, itu, ini, mereka". 
 http://www.hwjyw.com/jxyd/hzsy/200708/W020070821590338954556.jpg
satu contoh lagi yang cukup menarik yakni huruf 西 (xi)/barat yang berasal dari phiktograf "bird rest in the nest", kemudian dipinjam dengan pengertian bahwa burung beristirahat di sangkar pada waktu senja dimana matahari akan terbenam di ufuk "barat"/west

http://4.share.photo.xuite.net/sophia.family/1458660/4093173/155821163_m.jpg

Contoh peminjaman bunyi dari bahasa asing seperti coffee (咖啡ka fei), champagne (香槟xiang bin), copy (拷贝kao bei) dan banyak lagi seperti nama negara, nama tempat, nama orang yang kebanyakan dibentuk dengan huruf Imajinasi bunyi.

Dari kategori tata cara penciptaan huruf di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa pada umumnya Imajinasi bentuk berupa tulisan dengan huruf tunggal, sedangkan Imajinasi, makna dan bunyi berupa perpaduan beberapa huruf tunggal atau bentuk gabungan menjadi huruf yang lebih rumit dengan arti baru.

Tentang penciptaan huruf Cina yang evolusi strukturnya menempuh waktu yang cukup panjang dari zaman legendaris yang diperkirakan sekitar 10.000 tahun yang lalu dimana pada waktu itu phiktogram perlahan-lahan mulai diciptakan, kemudian sampai ke zaman post history dari dinasty Shang sampai ke dinasty Han (1384 SM - 220 M ) yang berlangsung selama 1.600 tahun, dimana tulisan Cina tidak lagi mengalami evolusi dari struktur dan juga berakhirnya evolusi formal.

Pada saat ini perkembangan dari huruf Cina sudah cukup mantap. tulisannya juga menetap pada tulisan standar model KHAI 楷书 yang sudah ada pada zaman sekitar dinasty Wei 魏 sampai dinasy Jin 晋 (221-580 M )

walaupun banyak huruf  yang lenyap sepanjang sejarah evolsi, tetapi huruf-huruf baru akan mudah dan serentak diciptakan untuk melengkapi segala sesuatu yang baru, kejadian, pengetian, benda-benda dan lainnya karena sudah tersedianya cara penciptaan yang cukup mudah dan praktis. 




No comments:

Post a Comment